Pewaris tahta Kerajaan Inggris, Pangeran Charles, dinyatakan positif terkena virus corona. Hasil itu diketahui setelah Charles melakukan tes bersama National Health Service (NHS) di Aberdeenshire.

Pengumuman disampaikan Clarence House, Rabu (25/3/2020) pagi waktu setempat. Begitu kabar tersebut disiarkan, banyak pihak merasa kaget sekaligus mengkhawatirkan para anggota kerajaan lainnya.

Berikut lima fakta yang perlu diketahui:

Camilla negatif corona

Charles dikabarkan hanya mengalami gejala ringan. Kini ia tengah mengisolasi diri di Skotlandia bersama sang isti Camilla. Camilla dikabarkan juga telah mengikuti tes dan hasilnya negatif.

“The Duchess of Cornwall juga telah dites, namun diketahui tidak terkena virus tersebut.” “Sesuai aturan pemerintah dan saran medis, Pangeran dan The Duchess kini melakukan isolasi mandiri di rumah mereka di Skotlandia.” Demikian disampaikan dalam keterangan Clarence House, yang dilansir Sky News.

Terakhir muncul di publik 12 Maret 2020

Tidak dapat dipastikan dari siapa Charles tertular virus tersebut, karena ia banyak terlibat dalam acara publik selama beberapa pekan terakhir. Acara publik terakhir Pangeran Charles adalah resepsi dan makan malam dalam rangka bantuan upaya bantuan kebakaran hutan Australia pada 12 Maret, di Mansion House di London.

Di pagi harinya di tanggal yang sama, Charles menghadiri upacara penobatan di Istana Buckingham. Di sana, dia menyapa para penerima dengan isyarat non-kontak karena kekhawatiran tentang penyebaran penyakit. Sementara pada 10 Maret, ia menjadi tuan rumah WaterAid summit di Clarence House untuk mendiskusikan dampak perubahan iklim terhadap akses air minum.

William dan Harry menghibur sang ayah

Pangeran Harry yang kini tengah berada di Kanada bersama sang istri Meghan Markle dan putranya Archie mengutarakan ingin terbang kembali ke Inggris setelah mendengar kabar itu. Koresponden media Inggris, Neil Sean mengatakan kabar itu kepada Fox News.

Namun, Charles justru melarang mereka, dan meminta untuk tidak bepergian, serta menjaga diri dengan baik. Sean mendapatkan informasi dari orang dalam istana bahwa Harry dan kakaknya, Pangeran William, sudah saling bicara, dan hal ini kembali meredakan ketegangan antara mereka berdua. “Kedua bersaudara ini telah terhubung dengan Charles melalui video dan bercanda untuk membuatnya (Charles) merasa senang bahwa mereka bersama lagi,” kata Sean.

Ratu Elizabeth sehat

Setelah kabar Charles positif virus corona, semua orang kemudian mengkhawatirkan kabar ibunya, Ratu Elizabeth II. Namun, Ratu dikabarkan dalam kondisi kesehatan yang baik. Hal itu disampaikan langsung oleh juru bicara Istana Buckingham. “Ratu kini dalam kondisi kesehatan yang baik.”

“Ratu terakhir kali bertemu the Prince of Wales sesaat setelah penobatan pada pagi hari tanggal 12 Maret, dan mengikuti semua saran kesehatan untuk keselamatan diri,” kata Jurubicara. Ratu sudah pindah ke Kastil Windsor, Kamis lalu di tengah pandemi global yang semakin meluas. Ratu meninggalkan Istana Buckingham seminggu lebih awal dari yang diperkirakan karena kekhawatiran terhadap penyebaran virus.

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/