Ramadan secara umum adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Dan pada saat Ramadan, umat Islam akan merayakan sebuah tradisi dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yaitu berpuasa.

Ramadan akan berlangsung selama 29 sampai dengan 30 hari yang ditentukan berdasarkan hilal. Arti Ramadan sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu ramada atau ar-ramad yang memiliki arti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Hal ini juga disangkutkan dengan Ramadan yang jatuh pada bulan kesembilan dan merupakan saat terjadinya musim panas yang sangat menyengat.

Umat Islam juga diwajibkan untuk melakukan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari pada bulan ini. Meskipun di bulan Ramadan bertepatan dengan musim panas, umat Muslim harus tetap berpuasa karena ini merupakan sebuah kewajiban.

Selain itu, arti Ramadan yang merupakan panas juga diibaratkan sebagai matahari yang begitu panas dan mampu menghapus dosa-dosa umat muslim. Umat muslim percaya bahwa jika melakukan amal ibadah dan juga puasa di bulan Ramadan, maka dosa-dosa akan diampuni.

Di dalam Islam, arti Ramadan juga sangat mulia dan memiliki arti yang sangat istimewa karena terjadi berbagai peristiwa penting.

Sumber: liputan6.com,